Apa itu Hipnoterapi?

Di era modern ini, manusia semakin dihimpit oleh berbagai permasalahan yang berdampak pada kesehatan mental dan emosional. Sehingga tidak sedikit orang menjadi stress, frustasi hingga depresi. Hipnoterapi dapat menjadi salah satu alternatif yang sangat baik bagi siapa saja yang ingin mendapatkan kesehatan mental di era modern ini. Namun sayangnya masih saja yang banyak bertanya-tanya bagaimana dan seperti apa itu hipnoterapi. Ketakutan orang terhadap hipnoterapi pun muncul karena tayangan-tayangan non-edukatif tentang hipnotis di media banyak bermunculan. Di dalam artikel ini kita akan sama-sama mengetahui lebih jelas tentang bagaimana dan seperti apa itu hipnoterapi.

Untuk memahami apa itu hipnoterapi sangatlah mudah. Dalam penjelasan yang paling sederhana, hipnoterapi adalah hipnotis yang digunakan untuk terapi. Beberapa referensi menjelaskan bahwa hipnoterapi adalah suatu metode terapi alternatif yang dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan emosional, mental dan perilaku manusia. Hingga saat ini, hipnoterapi masuk dalam ranah ilmu psikologi. American Psychological Association menjelaskan “Hypnosis is a therapeutic technique in which clinicians make suggestions to individuals who have undergone a procedure designed to relax them and focus their minds.”

Bila Anda masih merasa takut atau khawatir ketika proses hipnoterapi akan membuat Anda kehilangan kesadaran, hal ini tidak akan terjadi. Karena ketika Anda masuk ke dalam kondisi hipnosis (trance/trans), Anda masih sangat sadar dan mengetahui kondisi disekitar Anda. Kondisi hipnosis tidak akan pernah membuat Anda kehilangan kesadaran. Kondisi hipnosis sama halnya ketika Anda berada dalam kondisi pikiran dan perasaan yang tenang, nyaman dan damai dengan mata tertutup. Sehingga Anda bisa mengetahui apa saja yang disampaikan oleh seorang hipnoterapis kepada Anda. Jadi, ketakutan atau kekhawatiran yang muncul pada diri Anda sangatlah wajar, karena media televisi maupun cetak terkadang memberikan informasi yang kurang edukatif tentang hipnotis dan hipnoterapi. Seorang hipnoterapis juga tidak akan pernah bisa mengetahui rahasia bahkan aib dalam diri Anda, karena seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa ketika Anda masuk ke dalam kondisi hipnosis Anda masih sadar.

Dalam proses terapi, seorang hipnoterapis selalu bekerja sama dengan para klien terapinya untuk mencapai sebuah perubahan/kesembuhan. Bahkan, peranan seorang klien dalam mencapai sebuah perubahan/kesembuhan sangatlah besar bila dibandingkan peran seorang hipnoterapis. Mengapa demikian? Karena seorang hipnoterapis hanya akan menjadi pemandu kesembuhan Anda. Oleh karenanya, kerjasama dalam proses terapi dan kesembuhan adalah hal yang sangat berkaitan.

Pastikan sebelum nantinya Anda mengambil sesi hipnoterapi, Anda memilih seorang hipnoterapis yang sangat kompeten dan berkualitas. Pada sesi konsultasi (sesi sebelum terapi), Anda layak untuk mendapatkan informasi-informasi dari seorang hipnoterapis yang Anda datangi sebelum sesi hipnoterapi dilangsungkan.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart