Milton Hyland Erickson, MD adalah sosok legendaris dalam dunia hypnotherapy yang menghabiskan sisa hidupnya di Phoenix, USA. Semasa hidupnya, ia memberikan kontribusi yang sangat besar di dunia hypnotherapy modern dan juga psikoterapi. Di tangannya, hypnotherapy berubah menjadi sebuah tools perubahan yang sangat luar biasa. Pendekatan yang dilakukannya dalam sesi hypnosis ataupun hypnotherapy menjadi acuan bagi pembelajar dan praktisi hypnotherapy hampir di seluruh penjuru dunia. Lalu mengapa mempelajari Ericksonian Hypnosis menjadi penting? Apa yang tepatnya Erickson lakukan dalam proses hipnosis? Dua pertanyaan inilah yang akan menjadi pembahasan dalam artikel ini.

Mempelajari Ericksonian Hypnosis bagi para praktisi hypnosis maupun hypnotherapy dapat menjadi penting dan bahkan dapat dikatakan menjadi sebuah kebutuhan. Perbedaan yang sungguh luar biasa setelah mempelajari ericksonian hypnosis diantaranya adalah dari gaya berbahasa (linguistic) dalam menyampaikan sugesti kepada subyek hypnosis, perluasan pemahaman dalam dunia hypnosis hingga sikap fleksibelitas dan juga rasa penasaran yang tak kunjung padam dalam memfasilitasi atau mengarahkan subyek hypnosis untuk memasuki kondisi trance yang dikehendakinya.

Pada dasarnya hampir tidak ada yang tahu persis apa yang dilakukan oleh Milton Erickson pada setiap klien hypnosis atau hypnotherapy, kecuali mereka yang pernah belajar langsung kepada Milton Erickson. Namun kita dapat melakukan cracking dari apa yang dilakukan oleh Milton Erickson pada video-video rekaman sesi hypnosis/hypnotherapy yang dilakukannya yang kemudian digabungkan dengan pengetahuan yang dapat diperoleh dari buku yang menuliskan tentang kehebatan Milton Erickson.

Walau masih dalam tahapan “kira-kira” setidaknya kita dapat memahami secara subyektif apa yang dilakukan oleh beliau disetiap sesinya. Kesabaran, rasa ingin tahu dan juga sikap fleksibel yang nampak pada Milton Erickson dapat kita jadikan teladan bahwa hypnosis bukanlah tentang kecepatan, melainkan KETEPATAN dalam melakukan HYPNOSIS.

Penulis pribadi beranggapan bahwa mempelajari Ericksonian Hypnosis menjadi hal yang penting dan dapat menunjang keberhasilan proses hypnosis ataupun hypnotherapy. Jika memang telah benar demikian, apa salahnya untuk mulai mencoba mempelajari Ericksonian Hypnosis, sekarang?

Comments are closed.