Berbagai Jenis Sugesti dalam Hipnosis

Kegiatan hypnotism sangat erat kaitannya dengan sugesti. Dalam definisi yang paling sederhana, sugesti diartikan sebagai saran. Berbagai jenis sugesti dalam hipnosis dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya. Karena sifat dari sugesti ini adalah kontekstual atau tematik.

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan penjelasan tentang berbagai jenis sugesti dalam hipnosis yang sering dijumpai dalam pelatihan ataupun workshop hipnosis oleh trainer yang sangat memahami linguistik dengan baik. Dan berbagai ragam tentang sugesti di dalam dunia hipnosis dapat Anda baca di bawah ini yang telah saya sertakan dengan contohnya.

  • Sugesti Langsung (Direct Suggestion)

Ini adalah bentuk sugesti yang paling sederhana dan paling mudah dalam hipnosis. Karena, hampir sebagian besar orang yang mempelajari hipnosis lebih banyak menggunakan jenis sugesti ini di dalam kegiatan hipnotism-nya. Contoh“tutup mata Anda sekarang”

  • Sugesti Tidak Langsung (Indirect Suggestion)

Jenis sugesti ini sering dijumpai pada ericksonian hypnosis. Dalam penggunaannya, sugesti tidak langsung ini lebih mengarah kepada ajakan/himbauan kepada subyek hipnosis. Jenis sugesti ini dapat menjadi tersamar karena dapat ditransformasikan ke dalam bentuk pertanyaan. Sugesti jenis ini efektif bila digunakan kepada subyek yang tidak suka disuruh-suruh (biasanya subyek yang memiliki figure otoritas). Contoh : “Anda dapat mengistirahatkan kedua mata Anda dengan membiarkannya menutup dengan sendirinya ataupun mengijinkannya untuk membiarkannya terbuka beberapa detik lagi”

  • Sugesti Pasca Hipnosis (Post Hypnotic Suggestion)

Dikatakan sugesti pasca hipnosis karena sugesti diberikan pada saat subyek dalam kondisi hipnosis dan efek dari sugesti bekerja setelah proses hipnosis diakhiri. Pada umumnya jenis sugesti ini diawali dengan keterangan waktu untuk memberikan penegasan bahwa sugesti akan terus berkelanjutan. Contoh : “Mulai saat ini dan seterusnya, Anda menjadi pribadi yang lebih ber-kharisma”

  • Sugesti Berkelanjutan (Continuative Suggestion)

Sugesti jenis ini memiliki efek yang sama dengan sugesti pasca hipnosis, karena efek yang ditimbulkan pada jenis sugesti ini masih bekerja walaupun subyek sudah keluar dari kondisi hipnosis.

  • Otosugesti (Auto Suggestion)

Secara definisi, otosugesti adalah sebuah sugesti yang dibentuk, diciptakan, dan diberikan dari diri sendiri untuk diri sendiri. Pada dasarnya jenis sugesti ini digunakan untuk melakukan self hypnosis (hipnosis diri sendiri). Contoh : “Saya mengijinkan diri saya untuk menutup mata dan siap untuk masuk ke dalam kondisi relaks, sekarang”

  • Sugesti Non-Terapi (Non-Therapeutic Suggestion)

Sesuai dengan namanya, sugesti jenis ini adalah jenis sugesti yang digunakan untuk kepentingan non terapi, dan tentu saja tidak ada efek terapeutik di dalamnya. Biasanya jenis sugesti ini digunakan untuk kepentingan hiburan/stage hypnotism. Contoh : “Mulai saat ini, siapapun yang menanyakan nama Anda maka secara otomatis Anda menjawab nama Anda adalah Ndemin”

  • Sugesti Terapi (Therapeutic Suggestion)

Dalam kegiatan hipnoterapi, sugesti jenis ini sering digunakan karena dapat memunculkan efek terapeutik. Tentu saja jenis sugesti ini hanya digunakan untuk kepentingan terapi saja. Contoh : “Anda boleh memutuskan untuk menjadi pribadi yang lebih merdeka ataupun menjadi pribadi yang terbebas dari segala bentuk belenggu emosi negatif, sekarang.”

 

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart