Berkomunikasi Dengan Tubuh Yang SakitMungkin kita pernah mendengar ungkapan bahwa pikiran dan tubuh saling terkoneksi serta saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya, dari ungkapan ini dapat diartikan bahwa disaat tubuh sedang bermasalah (sakit) maka ia pasti juga mempegaruhi pikiran kita, begitu juga sebaliknya.

Dengan melakukan olah pikiran yang diawali dengan komunikasi untuk diri sendiri (self talk) maka kita dapat dengan mudahnya berkomunikasi dengan tubuh. Dan di dalam kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan tubuh yang sakit sehingga dapat mengurangi rasa nyeri atau ketidaknyamanan yang muncul, atau bahkan menghilangkannya!

Banyak yang belum mengetahui bahwa tubuh ternyata memiliki kecerdasan (somatic mind), namun bukan berarti ia berdiri sendiri, seperti yang telah disebutkan di awal bahwa pikiran dan tubuh saling terkoneksi. Salah satu bukti kecerdasan tubuh adalah pada saat ia mengirimkan sinyal ketidak nyamanannya pada pikiran kita, semisal disaat kita merasakan pusing itu bisa saja berarti ada yang tidak beres dengan kepala kita, atau bisa saja itu berasal dari bagian tubuh yang lainnya namun mempengaruhi fungsi dan kinerja di bagian kepala kita sehingga rasa sakit atau tidak nyaman pun muncul. Dengan adanya sinyal tersebut kitapun tahu bahwa ada hal yang tidak beres dengan tubuh kita.

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan tubuh yang sedang sakit, agar nantinya rasa sakit tersebut dapat berkurang ataupun hilang. NAMUN bukan berarti dengan menggunakan teknik ini kita menjadi menganggap remeh penyakit ataupun bentuk kesakitan yang ada, teknik digunakan hanya sebatas agar kita dapat mengontrol rasa sakit yang ada DAN berobat atau mendapatkan pengobatan secara medis tetap SANGAT disarankan dan UTAMA.

  1. Luangkan waktu 15-30 menit tanpa gangguan.
  2. Posisikan tubuh berada dalam kondisi yang sangat nyaman (boleh duduk atau berbaring).
  3. Fokus pada nafas dan bernafas secara perlahan dan dalam.
  4. Mulai fokus dengan bagian tubuh yang sakit, bila bagian tubuh yang sakit dapat terjangkau dengan tangan maka sentuh bagian tubuh tersebut, bila tidak cukup dengan mengarahkan perhatian pikiran kita pada bagian tubuh yang sakit tersebut.
  5. Katakan dalam hati secara perlahan, yakin dan dengan penuh keihlasan, “wahai tubuh aku minta maaf padamu bila telah membuatmu seperti ini, mungkin aku kurang memberikanmu perhatian, maafkanlah aku, aku mencintaimu, aku menyayangimu, aku berterima kasih padamu telah menjadi bagian diriku selama ini, dan sekarang kembalilah menjadi sehat, terima kasih, terima kasih, terima kasih” (lakukan sebanyak 3X atau lebih)
  6. Kembali fokus pada nafas, niatkan setiap menarik nafas menarik energi kesembuhan dari semesta, tahan sejenak kemudian bayangkan nafas tersebut dialirkan pada bagian tubuh yang sakit, dan pada saat menghembuskan nafas niatkan untuk membuang segala bentuk kesakitan yang ada.
  7. Akhiri dengan mengucap syukur.

Akan ada banyak orang yang merasakan manfaat dengan melakukan hal ini bila Anda bersedia membagikan artikel ini, sekarang. Mudah-mudahan teknik ini dapat membantu siapa saja bila sedang berada dalam kondisi yang kurang harmonis.

_/|_

Comments are closed.