BUILDING ENGAGEMENT OUTBOUND

Menciptakan kesan mendalam dalam sebuah moment adalah salah satu cara dalam mewujudkan sebuah kebersamaan, sehingga menjadikan kemudahan dalam berkomunikasi, saling terbuka, dan memahami kelebihan serta kekurangan dari setiap individu.

Kegiatan Building Engagement outbound salah satu sarana dalam mewujudkan kebersamaan dengan konsep oudoor yang dikemas dengan permainan fun serta memberikan sebuah pembelajaran tentang makna kekeluargaan dan saling memahami satu dengan yang lain. Terkait dengan pentingnya sebuah keharmonisan dalam sebuah instansi atau perusahaan, secara tidak langsung akan mempengaruhi mutu kualitas kerja yang didalamnya, karena proses komunikasi yang baik adalah dasar utama dalam menciptakan sebuah hubungan yang harmonis, sehingga memudahkan dalam menjalankan serta mewujudkan sebuah target dan visi misi sebuah perusahaan.

TUJUAN BUILDING ENGAGEMENT OUTBOUND

  • Menciptakan kebersamaan, tanggung jawab dan menumbuhkan sikap kerja sama di dalam team/kelompok maupun individu.
  • Membangun rasa kekeluargaan.
  • Menyelaraskan sebuah visi dan misi dan pemahaman dalam mencapai target.
  • Memberikan pembelajaran tentang komunikasi intrapersonal dan interpersonal.
  • Memahami konsep pembelajaran dialam terbuka dengan metode yang menyenangkan.
  • Mengarahkan pada nilai dasar manusia yang sangat membutuhkan peran orang lain.
  • Mengajarkan selalu menerima dengan keterbatasan serta perubahan situasi dan keadaan.
  • Memberikan wawasan untuk selalu menghargai diri sendiri dan orang lain.

METODE BUILDING ENGAGEMENT OUTBOUND

Metode Pelatihan Building Engagement Outbound dilaksanakan dengan sitem pembelajaran berdasarkan pengalaman serta penerapan psikologi manusia yang sangat mudah untuk dipahami serta diterapkan, yang akan disampaikan dengan bentuk games atau permainan yang diambil dari pola Neuro-Linguistic Programming dan Experiential Learning. yang di kemas dalam bentuk :

• Outdoor Team Assigments & Exercise

Kegiatan Luar ruangan yang memberikan Learning Experience

•  Debrief

Diskusi aktif dan terbuka untuk berbagi Learning Experience serta wawasan antar peserta tentang sebuah target.

• Short Lecture

Feedback singkat untuk memperluas wawasan dan memperkuat pemahaman peserta dari Learning Experience yang telah diperoleh pada permainan

MATERI BUILDING ENGAGEMENT OUTBOUND

Togetherness adalah sebagai sasaran global dalam kegiatan Building Engagement Outbound yang di kemas dalam bentuk permainan edukatif dilapangan, sebagai bahan untuk memberikan gambaran dari sisi pembelajaran berdasarkan pengalaman untuk menciptakan rasa kekeluargaan adapun muatan point antara lain :

•  SYNERGY

Memberikan pembelajaran tentang kebersamaan yang positif dalam menjalankan sebuah visi dan misi dalam mencapai target yang sudah disepakati dan sesuai dengan komitmen.

• DEVELOP EACH OTHER’S

Sebuah proses bentuk materi secara motivasional yang memberikan sudut pandang baru dalam penilaian serta penghargaan bagi orang lain yang mempunyai peran apapun dan tanggung jawab serta pemahaman dampak dari sebuah masing-masing bagian.

SISTEM PELATIHAN BUILDING ENGAGEMENT OUTBOUND

Pelatihan Building Engagement Outbound menggunakan sitem kegiatan lapangan dan motivasional, dilengkapi dengan evaluasi serta diskusi kelompok tentang pengalaman yang sudah dilakukan dan rencana baru untuk dilaksanakan.

Dalam proses tindakan yang akan dilakukan sebagai langkah baru untuk menghasilkan secara maksimal, yang selalu di diskusikan serta dikerjakan dengan konsep Well Format Outcome secara berurutan serta memberikan kebiasaan baru yang positif, antara lain :

• KOMITMEN

Dijadikan sebuah motivasi secara internal dan diaplikasikan untuk external.

• PUNISHMENT

Bentuk kesalahan yang dilakukan tim akan diaplikasikan dengan menghibur anggota tim yang lain

• LOYALITAS

Selalu memberikan yang terbaik serta selalu peran aktif dalam proses kerja sama , dan menghargai peran atau kontribusi pada rekan satu tim.

• TATA TERTIB

Pembelajaran tentang sebuah aturan yang akan diberikan dengan bentuk model aturan yang paling mudah, yang bisa dilakukan langsung oleh diri sendiri dan dilaksanakan mulai sekarang juga : (membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok saat kegiatan games dll)

• SELALU BERPIKIRAN POSITIF

Pembelajaran dari berpikiran positif akan menjadikan langkah awal dalam melakukan prilaku yang baik untuk peserta training, sebagai langkah awal dalam membiasakan melakukan yang terbaik secara individu maupun tim, sekaligus menumbuhkan rasa saling berbagi antar sesama.

• SISTIM BEREGU

Peserta training akan dikelompokkan sesuai jumlah peserta untuk mempermudah pembelajaran

DURASI PELATIHAN BUILDING ENGAGEMENT OUTBOUND

Durasi pelatihan diadakan selama 1 hari

JUMLAH PESERTA

Minimal 20 orang dan maksimal 50 orang