???????????Kemampuan atau kecakapan seorang hypnotist akan mudah diketahui dari cara ia membawa atau menggiring subyeknya masuk ke dalam kondisi hypnosis (trance). Seperti yang kita tahu ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi subyek untuk masuk trance, diantaranya yaitu kemampuan fokus/konsentrasi subyek, lingkungan, tingkat keaktifan berfikir subyek, dan yang lainnya. Namun dengan mengetahui hal ini saja sepertinya masih belum cukup, mungkin pernah diantara kita yang masih saja kesulitan untuk membuat subyek masuk trance.

Trance adalah suatu pengalaman yang sifatnya subyektif, artinya pengalaman trance setiap orang pasti berbeda-beda. Dengan memahami perbedaan kemampuan setiap orang dalam memasuki kondisi trance, maka dengan sendirinya kita menjadi semakin sadar bahwa trance bukanlah suatu hal yang berorientasi pada kecepatan, melainkan ketepatan!

Sudah tentu dalam hal ini seorang hypnotist dituntut untuk sabar, jeli dan juga fleksibel dalam rangka membawa subyek masuk ke dalam trance-nya. Trance juga merupakan suatu proses belajar bagi setiap subyek, biarkan subyek mengenali terlebih dahulu trance versi dirinya sendiri.

Dalam definisi yang paling sederhana, trance adalah suatu kondisi disaat pikiran dan perasaan seseorang terhanyut atau terfokus pada suatu hal baik yang berasal dari dalam dirinya (internal) ataupun dari luar dirinya (eksternal).

Ini berarti untuk membuat seseorang masuk ke dalam trance, kita cukup mencari suatu hal yang dapat “mencuri” perhatiannya, entah hal itu berasal dari dalam diri subyek atau dari luar dirinya. Semisal, dengan meminta subyek untuk menyadari detak jantungnya kemudian minta ia menikmati setiap detak jantung yang terjadi , hal sederhana seperti ini dapat membuat subyek masuk ke dalam trance.

Hal yang sebaiknya kita ingat, sulitnya subyek memasuki trance-nya adalah karena ia belum mengetahui dan mengenali trance. Bimbing ia untuk mengenali trance-nya dengan cara membuat ia masuk ke dalam suatu pengalaman tertentu, biarkan ia menikmati apapun yang terjadi di dalamnya.

Comments are closed.