Phobia atau ketakutan yang berlebihan pada suatu hal adalah sebuah gangguan psikologi yang biasanya dimiliki oleh sebagian manusia.

Phobia Hilang dengan Collapsing AnchorBanyak orang yang ingin terbebas dari phobia-nya dengan mengikuti sesi hypnotherapy, namun ada pula sebagian orang yang justru mempertahankan phobia-nya dengan berbagai alasan. Bagi siapa saja yang ingin mengetahui teknik Collapsing Anchor yang hampir tidak diketahui oleh banyak orang ini, silahkan simak penjelasannya hingga akhir.

Teknik ini sebelumnya pernah digunakan oleh seorang professional hypnotist yang sering kita lihat dalam program hiburan di salah satu stasiun televisi swasta. Teknik terapi ini dikemas sedemikian rupa sehingga dapat memunculkan efek yang menghibur, namun karena hal ini menjadi “konsumsi publik” maka menimbulkan pemaknaan yang berbeda-beda.

Collapsing Anchor adalah varian dari anchor yang hanya diajarkan dalam pelatihan NLP (Neuro-Linguistic Programming), yang berarti teknik ini kebanyakan hanya diketahui oleh para hypnotherapist yang pernah mengikuti pelatihan NLP saja. (*Untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang teknik anchor silahkan lakukan pencarian di Google.)

Prinsip dari teknik ini adalah dengan mengumpulkan dua jenis dan kualitas emosi yang berbeda, semisal takut dengan lucu (menurut persepsi kita masing-masing). Prosesnya adalah dengan membuat emosi positif menjadi lebih besar dibandingkan dengan emosi negatif, sehingga nantinya emosi negatif tersebut bisa menjadi berkurang atau berubah.

Bila kita memiliki ketakutan pada hewan, laba-laba misalnya. Maka kita cari suatu obyek/orang/hal lainnya yang memiliki muatan emosi positif di dalamnya (biasanya hal yang lucu) sehingga kita memiliki dua emosi yang kontras.

Yang pertama kali dilakukan adalah dengan memunculkan kembali sebuah gambaran di dalam benak kita tentang hal yang kita takuti (tidak perlu sampai detail/jelas), kemudian jangkarkan (anchor) hal tersebut dengan mengepalkan tangan kiri, lakukan berulang kali sampai tercipta sebuah pola jika mengepalkan tangan kiri maka gambaran tentang ketakutan menjadi muncul.

Yang kedua adalah dengan membuat/memunculkan suatu gambaran tentang hal yang membuat kita merasa lucu dan bisa tertawa di dalam benak kita, buat gambaran ini menjadi sangat jelas dan detail, termasuk perbesar muatan emosi yang lucu di dalamnya dan kemudian jangkarkan (anchor) hal tersebut dengan mengepalkan tangan kanan. Lakukan berulang kali sampai tercipta sebuah pola jika mengepalkan tangan kanan maka gambaran tentang hal yang lucu menjadi muncul.

Yang ketiga adalah proses Collapsing Anchor, yaitu dengan mengepalkan tangan kiri dan kemudian dilanjut dengan mengepalkan tangan kanan sambil diniatkan emosi positif yang berada di tangan kanan meleburkan emosi negatif yang ada di tangan kiri. Lakukan berulang kali hingga emosi negatif yang ter-anchor di tangan kiri menjadi semakin berkurang atau berubah.

CATATAN : Bila seorang hypnotherapist yang melakukan teknik ini kepada kliennya, pastikan hal yang lucu tersebut adalah pilihan dari klien sendiri bukan pilihan dari hypnotherapist, karena hal yang lucu sifatnya subyektif, artinya hal yang lucu menurut hypnotherapist belum tentu menjadi hal yang lucu bagi klien.

Selamat mencoba!

Comments are closed.