Teknik Induksi Cepat (Shock Induction)Shock Induction atau yang dikenal juga dengan induksi kejut adalah sebuah teknik induksi dalam proses hypnosis yang dilakukan secara cepat. Teknik ini sering digunakan oleh para performer stage hypnosis yang kita lihat di layar televisi.

Karena dilakukan secara cepat tentu saja efek yang dihasilkan dapat memukau para penonton yang awam pada proses hypnosis, efek WOW, tepuk tangan dan juga decak kagum pun turut menyertai saat seorang stage hypnotist berhasil melakukan induksi kepada subyek hypnosis-nya.

Pada dasarnya teknik induksi cepat (shock induction) ini hanya digunakan pada subyek yang memiliki tingkat sugestivitas yang baik, prinsipnya adalah dengan memberikan efek kejut atau kaget yang kemudian dilanjutkan dengan perintah atau sugesti “TIDUR!” dari sang hypnotist secara tegas dan jelas.

Pada saat orang dikejutkan, maka dalam jangka waktu sepersekian detik pikiran kritis (critical factor) nya akan terbuka atau lengah, sehingga sugesti “TIDUR!” yang diberikan dapat langsung melesat ke pikiran bawah sadarnya.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa teknik induksi cepat ini HANYA digunakan pada subyek yang memiliki tingkat sugestivitas yang baik. Tentu saja untuk dapat mengetahui tingkat sugestivitas yang dimiliki oleh subyek perlu dilakukan tes sugestivitas terlebih dahulu dan disertai dengan “pendekatan” yang TEPAT pada subyek hypnosis.

Comments are closed.