3 Kunci Teknik Menjual Efektif ala NLP

Dalam seminar tentang “Teknik Menjual Efektif dengan NLP” yang saya ajarkan kepada tenaga sales dalam perusahaan, sering saya bertanya “Apa yang Anda inginkan setelah Anda melakukan closing?” Kebanyakan mereka akan menjawab “costumer kami bersedia membeli produk/jasa yang kami tawarkan”. Ada beberapa kunci yang perlu diperhatikan oleh seorang sales sebelum melakukan closing kepada calon pelanggannya. Dan beberapa kunci ini sebaiknya dilakukan terlebih dahulu agar pikiran calon customer menjadi lebih yakin dengan apa yang akan menjadi pilihannya.

Pada dasarnya teknik closing yang diajarkan di beberapa pelatihan ataupun seminar tentang sales/marketing sama. Namun ada beberapa hal yang tidak diajarkan pada seminar-seminar tersebut, padahal ini adalah merupakan kunci utama dalam kegiatan menjual.

Ada 3 kunci teknik menjual efektif dalam perspektif NLP yang dapat meningkatkan performa Anda sebagai seorang professional sales, yaitu :

  1. Self Image, suatu hal sepele tetapi memiliki dampak yang sangat besar pada diri seorang sales. Self image merupakan kartu identitas yang dibentuk oleh setiap sales. Self Image ini terbentuk dari self talk yang sering diucapkan berkali-kali. Semisal seorang sales yang sering mengatakan “berkali-kali saya menjual kog tidak pernah membuahkan hasil, sepertinya saya memang tidak bakat menjadi seorang sales”. Bentuklah self image Anda dengan menuturkan kalimat postif (afirmasi) untuk diri Anda, contoh : “Saya adalah seorang sales tangguh dan pantang menyerah sebelum mencapai target, dan semua pelanggan dapat tunduk dan memberikan respon yang baik kepada saya”.
  2. Building Rapport, membina keakraban dengan menunjukkan keramah tamahan Anda sebagai seorang sales adalah menjadi sebuah kunci utam untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli Anda. Membina keakraban kepada calon pelanggan sebelum memberikan penjelasan dan menawarkan produk/jasa Anda adalah langkah yang paling utama!
  3. Linguistic, yang dimaksud disini adalah meningkatkan kemampuan persuasi dengan menggunakan pola kalimat hipnotik dan juga memahami peta mental calon pembeli Anda. Mengasah dan juga memaksimalkan pola komunikasi persuasi juga dapat meningkatkan minat calon pembeli Anda terhadap apa saja yang Anda tawarkan.

Demikianlah tips untuk teknik menjual efektif ala NLP, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Anda dan rekan-rekan Anda dalam meningkatkan performa Anda sebagai seorang professional sales.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart