Tahapan Dalam Hipnoterapi

Home » Hypnotherapy » Tahapan Dalam Hipnoterapi

Seperti yang pernah saya bahas dalam artikel sebelumnya, bahwa hipnoterapi sangat efektif dalam membantu manusia modern memiliki kesehatan mental dan emosional. Untuk dapat mengetahui apa saja yang terjadi dalam proses hipnoterapi, saya akan memberikan penjelasan tentang tahapan dalam hipnoterapi melalui artikel kali ini.

Dalam kajian pembelajaran western hypnosis, ada 5 tahapan dalam hipnoterapi, dimana tahapan dalam hipnoterapi ini mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Para hipnoterapis professional akan selalu mengacu pada tahapan-tahapan ini, karena tahapan inilah yang menjadi protocol pembantu kesuksesan dalam sesi hipnoterapi.

Tahapan pertama pada sesi hipnoterapi dikenal dengan Pre-Induction, tahapan ini bertujuan untuk melakukan interview kepada klien terapi. Biasanya tujuan dari interview ini untuk mendapatkan informasi tentang tujuan klien untuk terapi, harapan dari klien dari sesi terapi, identitas klien, hingga permasalahan yang sedang dihadapi klien untuk diselesaikan bersama. Pada tahapan ini pula, seorang terapis akan memberikan edukasi seputar hipnoterapi.

Tahapan yang kedua adalah Induction. Pada tahapan, ini klien terapi akan di bimbing untuk memasuki kondisi hipnosis (relaks, tenang, santai dan damai). Di tahapan ini pula klien akan di kenalkan dengan kondisi hipnosis.

Setelah proses induksi (induction) selesai, klien akan dibimbing untuk memasuki kondisi hipnosis yang lebih dalam. Tahapan ini dikenal dengan Deepening. Tujuan dari tahapan ini agar pikiran bawah sadar klien menjadi jauh lebih aktif dan pikiran sadar klien di istirahatkan. Agar nantinya sugesti-sugesti positif yang diharapkan menjadi program perubahan pada diri klien dapat di terima dengan baik oleh pikiran bawah sadar. Proses deepening ini bermacam-macam, pada umumnya dalam bentuk hitungan mundur, bisa juga dengan menggunakan metode menuruni tangga. Tergantung pada kreatifitas hipnoterapis menggunakan metode deepening yang seperti apa.

Kemudian dilanjutkan pada tahapan Suggestion Therapy, tahapan dimana seorang hipnoterapis memberikan sugesti-sugesti yang ditujukan untuk menjadi program perubahan pada pikiran bawah sadar klien.

Termination adalah tahapan terakhir dari proses hipnoterapi. Tahapan ini bertujuan untuk membawa klien kembali pada kesadaran normalnya. Metode terminasi ini pada umumnya kebalikan dari Deepening. Bisa dengan hitungan naik ataupun menaiki tangga.

Demikianlah proses dan juga tahapan dalam hipnoterapi. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi Anda yang belum pernah mengambil sesi hipnoterapi.

Hubungi Kami Sekarang Untuk Diskusikan Program & Jadwal Pelatihan :

idrus-putra-logo

TRANS SINERGI MOTIVINDO
Jalan Bhakti Wijaya No. 9 
Madiun, Jawa Timur
Indonesia

Jam Kerja:
Senin s/d Sabtu : 10:00 -17:00