Mengenali Tipe Sugestibilitas Seseorang

Home » Hypnosis » Mengenali Tipe Sugestibilitas Seseorang

Mengenali Tipe Sugestibilitas Seseorang

Dengan mengetahui tipe sugestibilitas dan juga tingkat sugestibilitas akan membantu seorang hipnotis dan juga hipnoterapis di dalam praktiknya. Oleh karenanya ketika mempelajari hipnosis, kita akan dikenalkan dengan sugestibilitas hingga bagaimana melakukan test sugestibilitas pada subyek. Dan pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang berbagai hal yang berhubungan dengan sugestibilitas dalam hipnosis.

Sugestibilitas adalah sebuah kemampuan manusia dalam menerima sugesti/perintah. Tingkat sugestibilitas setiap manusia dipastikan berbeda-beda. Oleh karenanya, sugestibilitas bersifat subyektif. Dan mengenali tipe sugestibilitas juga menjadi hal yang penting dalam kegiatan hipnosis, agar supaya seorang hipnotis dapat lebih mudah menyusun strategi dan juga memilih teknik yang tepat untuk digunakan pada subyek hipnosis.

Sedangkan tes sugestibilitas adalah serangkaian teknik yang digunakan untuk mengetahui tingkat sugestibilitas pada subyek hipnosis. Tes sugestibilitas ini memiliki fungsi yang lain, yaitu :

  • Sebagai hypnotic training untuk dapat meningkatkan level sugestibilitas pada subyek.
  • Memudahkan seorang hipnotis dalam menentukan jenis induksi yang akan digunakan.
  • Meyakinkan subyek bahwa dirinya mudah untuk menerima sugesti dari seorang hipnotis.

SHSS (Stanford Hypnotic Suceptibility Scale) adalah sebuah penilitian yang dikembangkan oleh Ernest Hilgard, dalam penelitian itu dijelaskan bahwa dalam tingkat sugestibilitasnya (tipe sugestibiltas) manusia dibagi menjadi tiga, yaitu 85% moderat (sedang) – 10% mudah – 5% sulit di hipnosis. Dari pengalaman saya pribadi, sulit bukan berarti tidak bisa dihipnosis, melainkan butuh waktu yang lebih lama untuk membawanya memasuki kondisi hipnosis. Dan untuk tipe yang sulit ini dibutuhkan banyak teknik induksi untuk dapat membawanya memasuki kondisi hipnosis, serta sebaiknya sikap fleksibel dimiliki oleh seorang hipnotis agar tidak mudah putus asa ketika berhadapan dengan subyek seperti ini.

Baca juga : Perlukah Seorang Hipnotis Melakukan Tes Sugestibilitas?

Dan ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengenali tipe sugestibilitas yang ada pada diri manusia, yang pertama adalah physical suggestibility (sugestibilitas yang bersifat fisik) dan emotional suggestibility (sugestibilitas yang bersifat emosi).  Teori ini dikembangkan oleh Dr. George Kappas yang merupakan founder dari Hypnosis Motivation Institute (HMI), USA.

Dalam konteks hipnosis panggung, tes sugestibilitas ini wajib dilakukan. Karena dalam memainkan hipnosis panggung dibutuhkan subyek yang sangat sugestibel agar dapat membantu memperlancar jalannya pertunjukan hipnosis. Namun dalam konteks terapi hipnosis (hipnoterapi) hal ini tidak harus dilakukan. Karena seperti apapun dan bagaimanapun kondisi subyek yang akan diterapi tetap menjadi tugas seorang terapis untuk membantu memfasilitasi perubahan/kesembuhannya.

Demikian penjelasan ringkas tentang mengenali tipe sugestibilitas pada subyek hipnosis, semoga dapat memberi pencerahan untuk sahabat sekalian.

Idrus putra

Konsultasikan kebutuhan training Anda sekarang. Bersama Ahlinya, setiap perubahan pasti lebih mudah dilakukan.