Mengapa Subyek Sulit Masuk Trance?

Kemampuan atau kecakapan seorang hypnotist akan mudah diketahui dari cara ia membawa atau menggiring subyeknya masuk ke dalam kondisi hypnosis (trance). Seperti yang kita tahu ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi subyek untuk masuk trance, diantaranya yaitu kemampuan fokus/konsentrasi subyek, lingkungan, tingkat keaktifan berfikir subyek, dan yang lainnya. Namun dengan mengetahui hal ini saja sepertinya … Baca Selengkapnya

Mempelajari Hypnosis ala Milton Erickson, Perlukah?

Milton Hyland Erickson, MD adalah sosok legendaris dalam dunia hypnotherapy yang menghabiskan sisa hidupnya di Phoenix, USA. Semasa hidupnya, ia memberikan kontribusi yang sangat besar di dunia hypnotherapy modern dan juga psikoterapi.

Di tangannya, hypnotherapy berubah menjadi sebuah tools perubahan yang sangat luar biasa. Pendekatan yang dilakukannya dalam sesi hypnosis ataupun hypnotherapy menjadi acuan bagi pembelajar dan praktisi hypnotherapy hampir di seluruh penjuru dunia.

Lalu mengapa mempelajari Ericksonian Hypnosis menjadi penting? Apa yang tepatnya Erickson lakukan dalam proses hipnosis? Dua pertanyaan inilah yang akan menjadi pembahasan dalam artikel ini.

Baca Selengkapnya

Berkomunikasi dengan Tubuh yang Sakit

Mungkin kita pernah mendengar ungkapan bahwa pikiran dan tubuh saling terkoneksi serta saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya, dari ungkapan ini dapat diartikan bahwa disaat tubuh sedang bermasalah (sakit) maka ia pasti juga mempegaruhi pikiran kita, begitu juga sebaliknya.

Dengan melakukan olah pikiran yang diawali dengan komunikasi untuk diri sendiri (self talk) maka kita dapat dengan mudahnya berkomunikasi dengan tubuh. Dan di dalam kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan tubuh yang sakit sehingga dapat mengurangi rasa nyeri atau ketidaknyamanan yang muncul, atau bahkan menghilangkannya!

Baca Selengkapnya

Teknik Induksi Cepat (Shock Induction)

Teknik Induksi Cepat (Shock Induction)

Shock Induction atau yang dikenal juga dengan induksi kejut adalah sebuah teknik induksi dalam proses hypnosis yang dilakukan secara cepat. Teknik ini sering digunakan oleh para performer stage hypnosis yang kita lihat di layar televisi.

Karena dilakukan secara cepat tentu saja efek yang dihasilkan dapat memukau para penonton yang awam pada proses hypnosis, efek WOW, tepuk tangan dan juga decak kagum pun turut menyertai saat seorang stage hypnotist berhasil melakukan induksi kepada subyek hypnosis-nya.

Baca Selengkapnya

Belajar Hypnotherapy Otodidak, Bisakah?

Banyak para pembelajar hypnosis otodidak yang berhasil mempraktekkan pengetahuannya, walaupun seringkali kegagalan dalam mempraktekkan hypnosis sering dijumpai. Hal tersebut wajar saja terjadi karena mereka tekun dalam mempelajari hypnosis dan menganggap kegagalan yang mereka temui adalah bagian dari pembelajaran yang dapat menambah pengetahuannya. Setelah mereka menganggap dirinya bisa dan mampu dalam melakukan hypnosis maka bisa jadi muncul pemikiran “bisa tidak ya jika saya mempelajari hypnotherapy secara mandiri/otodidak?

Baca Selengkapnya

Mengapa Self Hypnosis Gagal?

Dalam mempelajari hypnosis, seorang praktisi akan menjumpai materi ini. Self hypnosis adalah kegiatan menghipnosis diri sendiri dengan menggunaka oto-sugesti (sugesti yang ditujukan untuk diri sendiri). Tujuan dari mempelajari self hypnosis ini diantaranya adalah agar siapa saja yang mempelajarinya dapat melakukan relaksasi, semakin lebih dekat dengan pikiran bawah sadarnya agar dapat mengoptimalkan potensi yang tersimpan di dalamnya, memprogram ulang pikiran bawah sadar hingga dapat melakukan self therapy atau terapi untuk diri sendiri. Proses dari kegiatan ini diawali dengan memposisikan diri dalam duduk senyaman mungkin, bisa juga dengan diiringi musik relaksasi atau memberikan aroma terapi di ruangan karena hal-hal seperti ini dapat menunjang keberhasilan dalam proses menghipnosis diri sendiri ini.

Baca Selengkapnya

Penyebab Utama Gagalnya Proses Hypnosis

Sungguh hal yang tidak menyenangkan pada saat mempraktekkan hypnosis secara tiba-tiba subyek terbangun dari “tidur”nya, bahkan tidak sedikit dari subyek yang kemudian menjadi tertawa karena proses hypnosis yang dilakukan oleh hypnotist tersebut. Apakah yang sebenarnya terjadi? Dan mengapa hal tersebut dapat terjadi? Pada artikel kali ini akan dijelaskan beberapa penyebab utama gagalnya proses hypnosis.

Ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan bagi para praktisi hypnosis yang baru belajar atau mendalami pengetahuan ini agar nantinya kegagalan semakin menjauh dan keberhasilan selalu terjadi dalam proses hypnosis, yaitu :

Baca Selengkapnya

Memahami Comma State dalam Hypnosis

James Esdaile adalah seorang dokter yang menganut ajaran Mesmerisme, dan mengembangkan hipnosis dalam dunia medis. Esdaile menggunakan hipnosis untuk membantu para pasien tidak merasakan kesakitan pada saat operasi, karena di masanya obat bius masih belum ditemukan. Dan sangat wajar bila pasien menjerit dan meraung-raung kesakitan pada saat di operasi.

Hingga pada akhirnya esdaile berhasil mengembangkan sebuah kondisi hipnosis yang mendekati kondisi comma secara medis.  Oleh karenanya kondisi ini dikenal dengan comma state/esdaile state. Beberapa tindakan operasi besar hingga tindakan amputasi dapat dilakukan olehnya kepada hampir 30 pasien, dan juga ratusan operasi ringan. Tentu saja ketika pasien memasuki kondisi ini, mereka dapat melalui proses operasi dan juga amputasi tanpa merasakan kesakitan dan tanpa perlu menjerit sakit.

Baca Selengkapnya

Waking Hypnosis = Hypnosis Tanpa “Tidur”

Untuk dapat memahami apa itu waking hypnosis, pertama kali yang harus di pahami adalah definisinya secara semantik. Waking : bangun/tidak tidur, Hypnosis : penembusan faktor kritis pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu sugesti atau saran atau pemikiran.

Jadi secara sederhana waking hypnosis dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana manusia dalam keadaan sadar/mata terbuka yang siap untuk menerima suatu sugesti. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Wesley Wells yang dijelaskan pada bukunya yang berjudul An Outline of Abnormal Psychology pada sekitar tahun 1929, yang kemudian pada tahun 1964 seorang hypnotherapist moderen yang bernama Dave Elman menjelaskan kembali pada bukunya yang berjudul Hypnotherapy.

Baca Selengkapnya

Mengenali Tipe Sugestibilitas Seseorang

Dengan mengetahui tipe sugestibilitas dan juga tingkat sugestibilitas akan membantu seorang hipnotis dan juga hipnoterapis di dalam praktiknya. Oleh karenanya ketika mempelajari hipnosis, kita akan dikenalkan dengan sugestibilitas hingga bagaimana melakukan test sugestibilitas pada subyek. Dan pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang berbagai hal yang berhubungan dengan sugestibilitas dalam hipnosis.

Sugestibilitas adalah sebuah kemampuan manusia dalam menerima sugesti/perintah. Tingkat sugestibilitas setiap manusia dipastikan berbeda-beda. Oleh karenanya, sugestibilitas bersifat subyektif.

Baca Selengkapnya

Struktur Hipnosis Klasik

Hipnosis klasik atau yang biasa dikenal dengan konvensional hipnosis memiliki struktur yang penting untuk diketahui bagi para pembelajar hipnosis. Struktur hipnosis klasik yang dapat ditemui di pelatihan atau workshop dari kurikulum The Indonesian Board of Hypnotherapy adalah sebagai berikut :

  • Pre-Induction
  • Induction
  • Deepening
  • Depth Level Test
  • Suggestion
  • Termination

    Baca Selengkapnya

Teknik Membaca Pikiran Orang Lain

Banyak orang yang ingin mempelajari teknik membaca pikiran orang lain. Ada yang mempelajarinya dari buku yang tersedia di toko-toko buku, ada yang mengikuti pelatihan yang membahas tentang hal ini, dan mungkin adapula yang memiliki “bakat” untuk dapat membaca pikiran orang lain. Namun apakah benar bahwa kita dapat membaca pikiran orang lain?

Baca Selengkapnya

Menangani Nyeri dengan Hipnoterapi?

Banyak dari kita yang tidak dapat menahan nyeri di tubuh. Konon katanya, hipnoterapi dapat membantu dalam menurunkan rasa nyeri di tubuh. Apakah hal ini benar? Bukankah hipnoterapi hanya efektif dalam penanganan masalah mental saja? Menangani nyeri dengan hipnoterapi menjadi sebuah pertanyaan besar bagi masyarakat yang masih awam. Apakah hal ini efektif ataukah hanya bualan belaka?

Baca Selengkapnya

Apa itu Hipnosis Terselubung?

Banyak praktisi hipnosis yang bertanya-tanya bagaimana melakukan hipnosis agar tidak diketahui dan disadari oleh subyek. Karena selama ini dalam melakukan hipnosis seorang praktisi diharapkan meminta ijin terlebih dahulu kepada subyek, agar proses hipnosis berjalan lebih lancar. Hipnosis terselubung atau yang biasa dikenal dengan covert hypnosis adalah salah satu cara melakukan hipnosis tanpa disadari dan diketahui oleh subyek. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang hipnosis terselubung yang masih jarang bisa di dapatkan di Indonesia.

Baca Selengkapnya

3 Hal yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Hipnotis

Hingga detik ini Anda membaca artikel saya hypnosis masih dan terus akan berkembang, sehingga hypnosis mungkin akan menjadi sahabat baik bagi manusia di masa yang akan mendatang. Dan karena pengetahuan tentang hypnosis semakin dan terus berkembang, maka sudah menjadi keharusan bagi Anda seorang hypnotist ataupun hypnotherapist untuk selalu meng-up grade pengetahuan dan juga pengalaman di bidang ini. Pada kesempatan kali ini, Anda akan mendapatkan 3 Hal yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Hipnotis.

Ketiga hal ini merupakan pemahaman dari pengalaman yang saya dapatkan ketika mempraktekan hypnosis baik dalam konteks “bermain” maupun terapi.

Dan, mari kita simak bersama hal apa saja yang baiknya dimiliki oleh praktisi hypnosis.

Baca Selengkapnya

Hubungi Kami Sekarang Untuk Diskusikan Program & Jadwal Pelatihan :

idrus-putra-logo

TRANS SINERGI MOTIVINDO
Jalan Bhakti Wijaya No. 9 
Madiun, Jawa Timur
Indonesia

Jam Kerja:
Senin s/d Sabtu : 10:00 -17:00